17 Jun 2009

Daun Sirih Untuk Obat Mata dan Radang Tenggorokan

Virus komputer akhir-akhir ini sudah mulai berkurang. Virus lokal juga sudah tidak tercium baunya. Akankah para generasi muda yang akan datang bisa membuat virus yang lebih ganas lagi? Kita tunggu info selanjutnya.

Dalam artikel saya kali ini tidak membahas tentang virus komputer yang sudah merajalel. Yang akan saya bahas adalah virus dunia yaitu penyakit mata. Andai saja ada antivirus yang bias menyembuhkan berbagai macam penyakit pasti manusia tidak akan berpikir pusing. Sebut saja virus flu burung yang sudah merebak duluan daripada virus flu babi. Virus HIV juga belum bisa diatasi.

Akhir-akhir ini dikos saya merebak penyakit mata yang disebabkan oleh virus. Virus ini dibawa oleh teman saya dari Purworejo kemudian menular ke teman saya yang berasal dari Kudus kemudian teman sebelah kamar saya yang berasal dari Tegal kemudian saya juga turut terinfeksi juga. Saya tidak pengen teman-teman yang lain terinfeksi juga. Untuk membabat abis virus ini yaitu kita memakai obat. Tapi obat sisa dari teman saya yang sudah terinfeksi duluan.

Berhubung obat semakin lama semakin habis (saya juga belum sempat memakai) maka saya mencoba untuk googling tentang penyakit ini. Penyakit mata itu disebabkan oleh virus atau bakteri. Untuk membedakan dari virus atau bakteri memang sangat sulit sekali. Biasanya penyakit mata pada awal sakit disebabkan oleh virus dan bisa disembuhkan memakai cairan normal saline yang bisa didapat di apotik terdekat anda.

Siang itu saya menuju apotik di sekitar kampus saya untuk mencari cairan tersebut. Dari 2 apotik saya tidak mendapatkan cairan tersebut. Apotik terakhir menawarkan bromwater tapi kayaknya cairan untuk membersihkan mata dari debu.

Sore hari saya googling lagi dan menemukan khasiat daun sirih. Ternyata daun sirih mengandung antiseptik yang bisa membersihkan penyakit mata. Daun sirih juga bukan hanya untuk penyakit mata. Daun sirih bisa diminum untuk menghilangkan bau badan. Bisa juga untuk kumur agar terhindar dari sariawan. Daun sirih juga bisa untuk membersihkan organ intim wanita.

Dulu waktu saya radang tenggorokan dianjurkan untuk minum daun sirih ternyata radang saya tidak separah dulu. Ibu saya bisanya merebus 5 lembar daun sirih dan dicampur gula batu dan ditambahkan sekitar 3 gelas air putih. Agar hasilnya maksimal waktu merebus memakai bahan yang terbuat dari tanah liat, misal kendil.

Setelah mendidih diamkan air sirih. Setelah suam2 kuku atau tidak terlalu panas baru dibuat minum. Kalau untuk penyakit mata bisa di rambang (mata direndam di air sirih). Insya Allah bisa sembuh.

Tiap pagi saya selalu langganan jamu gendong. Biasanya jamu gendong menjual sirih. Saya kemudian tanya penjual jamu dan ternyata daun sirih bisa menyembuhkan sakit mata. 2 hari kemudian mata saya sembuh kembali. Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi saya

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar :)