HP SMART vs Antena Kaleng USB Wi-Fi

Posted by Posted by chaironi On 17.6.09




Siang ini aku musti membatalkan niatku untuk membeli HP Smart Haier D1200P yang dah aku impikan selama ini. Selain harga untuk berinternet murah harga modem juga ga terlalu mahal buat kantong mahasiswa Cuma 330rb.
Sebelumnya aku mengobok-obok daerah Semarang untuk mencari hp tersebut. Akhirnya aku dapat di salah satu pusat hp terbesar di Semarang. Setelah ku lihat-lihat ternyata promonya tidak sesuai yang aku impikan selama ini. Promo Smart yang mendapatkan gratis internet selama 6 bulan dengan kuota 2 gigabyte / bulan telah kadaluarsa alias ganti promo yang unlimited internet selama 90 hari. Wah ternyata aku ketinggalan info ckckck…

Kemudian aku masih berpikir pikir untuk membeli hp yang selama ini aku impikan. Setelah ngobok - obok kota Semarang aku lansung menuju ke internet di deket kos aku. Aku browsing tentang promo yang aku impikan. Wah ternyata betul promo itu sudah berakhir Desember 2008.
Kalo tidak berakhir bulan tersebut mungkin aku sudah membeli hp tersebut di temanku yang seharga 350.000 . cukup murahkan? Ayo yang mau beli silahkan hubungi aku siapa tau masih ada barangnya tapi promonya udah habis.
Untuk promo unlimited internet 90 hari rata-rata dijual dengan harga Rp.400.000 wuih mahal tapi tenang aja bias ditawar kok…kemarin waktu aku ke mall yang ada di Semarang minta Rp.175.000. kalau ditawar lagi mungkin bisa ayo siapa yang mau nawar hehhehe…
Beberapa hari kemudian ada pemeran komputer di 2 mall di Semarang. Siang itu aku menuju ke mall yang dekat dengan tugu muda sama cewekku. Wah hari pertama pameran sepi banget. Ada stand yang masih kosong juga. Wah ga ada yang menarik di pemeran kali ini kecuali obral buku komputer yang harganya memang terjangkau buat mahasiswa.
Wah ternyata ada usb wifi, baru tau aku. Dasar aku memang ketinggalan teknologi heheh... lalu aku punya pikiran untuk membuat antena kaleng memakai usb wifi. Dulu aku punya rencana membuat antena kaleng tetapi tidak jadi karena harga WLAN card buat maccom ku ( sebutan untuk komputerku yang selama ini menemaniku ) sekitar 350 ribuan. Wah cukup mahal bukan. Mending untuk membeli modem Smart aja lebih irit.
Aku lalu browsing tentang pembuatan antena kaleng usb wifi. Wuih ternyata ada banyak yang bahas tentang antena kaleng wifi. Setelah aku googling kesana kesini sampai mengantuk. Aku mengambil kesimpulan untuk membuat antena kaleng dari usb wifi karena harganya terjangkau dan kosku juga dekat dengan kampus yang sudah terpasang hotspot.
Nih bahan utama untuk membuat antena kaleng usb wifi :
  1. USB wifi (merk terserah tapi aku pengen yang bluelink)
  2. kabel USB extended (USB perpanjangan)
  3. kabel UTP
  4. kaleng susu
Bahannya itu aja ga usah banyak-banyak nanti ribet heheh...
Setelah dapat data aku langsung survey harga di toko komputer. Nih harga bahan setelah aku survey di daerah Tembalang :
  1. USB wifi merk bluelink Rp. 130.000
  2. kabel USB extended Rp. 5.000 - Rp.15.000
  3. kabel UTP buatan Amerika Rp. 5.000/m buatan Australia Rp. 2.500/m
  4. kaleng susu gratis, ayo manfaatkan limbah kaleng heheh....
aku jadi bersemangat untuk membuat antena itu. Tadi waktu aku nonton televisi tidak sengaja ada program acara yang menyajikan pembuatan wajan bolic memakai usb wifi. Wah aku jadi menyesal karena tidak menonton dari awal.
Pembuatan wajan bolic usb kayak gambar di atas.Wah gambar aku jelek,maklum baru belajar corel draw heheh..
Sekian dulu nanti kalau karyaku sudah jadi nanti aku akan posting artikel lagi dan cara pembuatan. Kalau yang tidak sabar untuk membuat silahkan googling tentang cara membuat heheh...aku kan ketinggalan info jadi aku baru membuat sekarang.

Reactions: 

2 comments

  1. alfa Said,

    Kl antena yp bwt ha pe bsa di bwt ndiri g y bos,coz aq g pny compi hehe

    Posted on 17 July 2010 at 23:10

     
  2. mantap gan

    Posted on 25 November 2010 at 22:49

     

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar :)