25 Nov 2009

Mengatasi Windows Error Saat Booting ( UNMOUNT_BOOT_VOLUME )

"Ron komputer WAPEALA (organisasi pencinta alam di Undip) ga bisa nyala tolong diperbaiki mo digunain buat laporan LPJ, kemarin mati lampu terus komputernya dibawa kekosku, mungkin kena guncangan" isi sms dari salah satu temen (sebenernya banyak ada 10 orang yg sms). Kemudian ada temanku datang kekos dan ku suruh untuk mengencangkan semua kabel dan soket, siapa tahu kabelnya kendor. Kata temanku masih aja ga bisa, layar monitor cuma ada tulisan dan bewarna biru. Berhubung temanku ga tahu tulisan apa maka aku langsung menuju ke TKP (kayak di tipi2).

Ku nyalain komputer, screen windows bisa nyala tapi setelah tampilan windows nyala maka ada tulisan gede UNMOUNT_BOOT_VOLUME . Sampai sini pasti udah ada yang tahu permasalahnya kan? Yup betul itu disebabkan karena file boot.ini pada windows rusak (kena virus, dimodifikasi, ke delete). Dan bagaimana cara memperbaikinya?? install windows? Repair windows? Wah bisa-bisa ngabisin waktu lama hehehe...nih ku kasih caranya :

1. Siapkan cemilan, music kesukaan kamu (lho kan computer ga bisa nyala?), foto pacar biar semangat, pengetahuan tentang CMD alias command prompt (kalo ga bisa pasti bisa kok)
2. Cari CD WINDOWS (original recommended, bajakan juga gpp)
3. Silahkan booting dari CD ROOM
4. Tekan R (recovery console)
5. Cari drive windows (misal C)
6. Masukkan password administrator (jika ada)
7. Ketikkan "chkdsk" (tanpa petik) tunggu sampai selesai
8. Lalu ketik lagi "fixboot" (tanpa petik) dan pilih "Y" (tanpa petik)
9. Lalu "exit" (tanpa petik)
10. Baca Bismillah (wah seharusnya berdoa dulu sebelum mulai)

Jangan lupa ucapkan terima kasih dan tinggalkan komentar.


No comments:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalkan komentar :)