1 Aug 2010

Pengalaman Membuat Antena Wajan (Wajanbolic)

Selamat pagi pengunjung setia blog...
Buat yang merasa sudah tau tentang pembuatan antena wajan mungkin tidak butuh tulisan saya ini. Tulisan saya ini merupakan share dari pengalaman saja dan bukan copy paste tulisan orang lain. Antena wajan yang saya buat merupakan inspirasi dari teman-teman blogger yang lain.
Sebenarnya saya pengen memposting tulisan ini tapi saya tidak sempat. Mungkin saya malas atau sedang menikmati internet gratis yang sudang terpasang di kos saya (memakai antena wajan). Sebetulnya pada tulisan sebelumnya saya juga pernah memposting tentang ANTENA KALENG tapi project tersebut gagal dan tidak saya lanjutkan. Kali ini saya membuat antena kaleng (wajanbolic). Saya terobsesi membuat antena wajan/antena kaleng karena lokasi kos saya yang lumayan dekat dengan kampus sekitar 300 meter dari access point. Setelah mencari ilmu tentang wajan bolic akhirnya saya berani mempraktekan dan akhirnya berhasil dan bisa saya gunakan sampai sekarang (hampir 2 bulan sejak tulisan saya diposting).

Bahan yang dibutuhkan :
  1. USB Wifi + Driver
  2. Wajan alumunium (Diameter semakin besar semakin bagus)
  3. Botol Bekas (Pakai pralon juga bisa berhubung bokek maka saya memakai botol bekas)
  4. Kabel USB (Perpanjangan USB juga boleh)
  5. Baut dan mur 10mm (sesuai kebutuhan
 Alat yang digunakan :
  1. Penggaris
  2. Bor (sesuaikan dengan diameter baut)
  3. PIsau / Cutter
Selanjutnya merangkai :
  1. Lubangi titik tengah wajan dengan bor (1 lubang saja untuk menghubungkan wajan dengan botol)
  2. Mencari titik fokus wajan dengan rumus F = D^2/(16*d) [F=titik fokus; D=diameter wajan; d=kedalam / tinggi wajan] jika kesulitan silahkan download software penghitung TITIK FOKUS DISINI
  3. Potong bagian ujung botol bekas, panjang melebihi titik fokus [misal titik fokus=30cm maka panjang botol bisa 40cm]
  4. Lubangi botol pada titik fokus sesuai dengan model USB WIFI
  5. Lubangi dasar botol bagian tengah untuk menghubungkan dengan wajan
  6. Hubungkan wajan dengan botol melalui lubang yang telah dibuat menggunkan baut dan mur
  7. Pasang USB WIFI pada lubang tempat titik fokus pada botol
  8. Hubungkan USB WIFI dengan komputer menggunkan USB. Jika menggunkan USB perpanjangan bisa membuat sendiri DISINI
  9. Antena wajan siap digunakan. Jika Pengen mengubah tampilan agar bagus bisa memotong telinga wajan dengan gergaji, berhubung saya tidak ada gergaji maka saya biarkan.
Mungkin cara pembuatan saya berbeda dengan wajanbolic yang lain. Pada awal percobaan saya menggunakan peralon dan alumunium foil sesuai dengan wajan bolic milik Pak Gunawan tapi ternyata sinyal saya lebih kuat tidak memakai alumunium foil. Kemudian saya iseng-iseng mencari titik fokus terkuat tanpa menggunakan peralon jadi USB WIFI saya gantungkan di depan wajan dan ternyata sinyal semakin kuat. saya mengambil kesimpulan kalau peralon yang saya pakai menghalangi rambatan gelombang radio yang akan masuk ke USB WIFI, maka saya menggunakan botol plastik bekas dan hasilnya lumayan indah. Mohon maaf belum sempat foto-foto antena wajan saya karena sudah terlanjur pasang, mungkin kalau saya pindah kos akan saya foto satu persatu agar para pengunjung enak membaca dan ada gambaran.

4 comments:

  1. thanks bro udah share pngalamannya.

    ReplyDelete
  2. mana software penghitung TITIK FOKUSx

    ReplyDelete
  3. bisa mintak tolong hitungkan
    diameter =49.5
    kedalaman =14.5
    1 titik fokus=?
    2 jarak anten wifidari titik fokus=?
    3 bisa gak pake wiwfi selain merek TPLINK

    terima kasih mohon maaf karna terlalu banyak pertanyaan
    hehehehehe

    ReplyDelete
  4. 1. pake rumus ini gan F = D^2/(16*d) [F=titik fokus; D=diameter wajan; d=kedalam / tinggi wajan]--> F=2450,25/232= 10,56cm
    2. jaraknya segitu gan, kudu tepat di titik fokus :) dulu ane selalu ujicoba dengan menjauhi titik fokus
    3. bisa aja gan, yg penting USB wifi

    maaf ya gan softwarenya belum ane upload, lupa heheh

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentar :)